Jumat, 03 Agustus 2012

Social std



  1. Mengapa negara2 didunia harus dikelompokkan menjadi negara maju dan negara berkembang?

Agar orang bisa membedakan negara maju dengan negara berkembang. Misalkan perbedaan pendidikan, di negara maju pasti pendidikannya sangat bagus. Sedangkan di negara berkembang pendidikan mungkin cuma rata-rata atau bahkan dibawah rata-rata. Ini akan mempermudah orang untuk memilih di negara mana ia ingin hidup/belajar. Dan juga karena keadaan ekonomi negara-negara berbeda, jadi mengelompokannya akan mudah diidentifikasi.


  1. Apa yang menyebabkan SDM di negara berkembang tidak seoptimal negara maju?

Jawabannya hampir sama seperti yang diatas, pendidikan berpengaruh dengan kualitas sumber daya manusia. Semakin bagus pendidikannya, semakin bagus pula kualitas sumber daya manusia di negara tersebut. Akan tetapi sebaliknya, jika pendidikannya kurang memadai, menurunlah kualitas sumber daya manusia.

Jadi agar negara-negara berkembang bisa mempunyai kualitas SDM yang baik, solusi dari saya sebagai berikut:

v  Pemerintah harus meningkatkan kualitas pendidikan.
v  Kalau bisa pemerintah mengizinkan orang yang kurang mampu kuliah dengan gratis walau ada persetujuan


  1. Apakah menurut kamu Indonesia bisa maju dalam 20 tahun?

Menurut saya tidak. Karena banyak hal yang akan sangat memperlambat negara ini untuk maju. Seperti korupsi, industri lokal yang kurang bisa memanfaatkan kekayaan alam Indonesia dan lain sebagainya. Korupsi sangat akan memperlambat Indonesia untuk maju karena jika uang negara terus-menerus diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab, Indonesia akan semakin jauh dari kategori negara maju.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar